Tag

, , , , ,

Dalam sebuah penelitian, didapatlah perkara-perkara yang ditakuti oleh manusia. Nomer tiga dari urutan tiga besar perkara itu adalah manusia takut dengan hewan yang namanya ular. Terlepas apakah karena geli atau takut dipatok. Sedangkan kematian menduduki perkara kedua yang ditakuti oleh sebagian besar manusia & hal ini mungkin cukup dapat dimaklumi oleh sebagian kita. Hanya saja, yang membuat sedikit unik adalah PUBLIC SPEAKING menduduki peringkat pertama dalam perkara yang ditakuti oleh sebagian besar manusia.

Diakui atau tidak, hampir setiap kita merasa sangat takut saat pertama kali untuk tampil didepan umum, lebih-lebih dalam jumlah audien yang banyak. Dalam setiap kesempatan dapat kita saksikan, bahwa jenjang pendidikan, kepemilikan finansial atau kekuatan fisik seseorang tidaklah mempengaruhi apakah ia berani dan mampu untuk berbicara didepan umum atau tidak. Saya teringat ketika dalam sebuah kegiatan teman-teman selalu melempar tugas saat sesi dimana salahsatu diantara kita harus tampil. Kejadian ini pun kerap terjadi dalam aktivitas dimanapun dan kapanpun, karena PUBLIC SPEAKING akan kita temui dalam setiap kondisi apapun dan bagaimanapun.

Bagaimana dengan diri kita? Apa mengikuti tangga urutan ketakutan diatas juga? Bagaimana cara mempersiapkan agar dapat mengontrol rasa takut? Apa saja yang harus dipersiapkan? Tunggu postingan selanjutnya🙂