Tag

, , , , , ,

Pembicara Public Speaking akan berbagi kepada teman-teman mengenai tips presentasi yang baik. Tips ini dapat bermanfaat saat teman-teman diminta untuk menyampaikan materi, siap menjadi pembicara public speaking yang baik. Apakah itu di saat presentasi di bangku kuliah, perusahaan maupun saat mengajar di dalam kelas bagi seorang guru. Menjadi pembicara public speaking tentu sering kita jumpai.

Saat kita diminta untuk menjadi pembicara public speaking tentu kita mendapatkan rentang waktu untuk mempersiapkan materi. Mungkin sekitar 1 atau 2 minggu lamanya. Waktu yang telah ada tersebut alangkah baiknya kita pergunakan dengan sungguh-sungguh. Bukan hanya sekadar mengumpulkan materi, melainkan untuk latihan sebelum penampilan.

Materi apa yang akan kita sampaikan, bahan apa yang perlu kita persiapkan, kemudian dengan media apa materi tersebut akan kita sajikan.

Semuanya harus benar-benar digali & ditemukan demi kelancaran presentasi kita. Materi dan bahan yang dipersiapkan dapat kita cari di berbagai media informasi diantaranya buku, jurnal, internet, makalah maupun file-file penelitian dan pengkajian. Selanjutnya materi yang telah didapatkan kemudian dicermati dan didalami untuk penguasaan. Ini akan menjadi amunisi utama dalam kemampuan penguasaan materi.

Kemudian, tiba saatnya kita memilih media apa yang tepat untuk kita gunakan dalam penyajian, agar presentasi yang baik dapat kita dapatkan. Apakah media yang kita gunakan adalah powerpoint, flipchart, papan tulis atau ada penambahan alat peraga.

Hingga waktunya kita untuk latihan. Sisa waktu yang ada setelah kita mengumpulkan materi dan menempatkan dalam media kini saatnya kita untuk latihan. Bisa dilakukan di depan teman-teman, di depan cermin atau di kamar sendirian. Jelasnya, latihan harus kita lakukan agar mendapatkan presentasi yang baik. Dalam sebuah kalimat, seorang guru mengatakan “gagal dalam mempersiapkan sama dengan mempersiapkan kegagalan”.

Demikian penjelasan umum mengenai tips presentasi yang baik. Untuk lebih detail, nantikan tulisan berikutnya. Selamat menikmati..🙂